Jumat, 05 November 2010

Cintaku Dikotamu ACEH ! (bag 1)


CINTAKU…
DIKOTAMU, ACEH!


            Malam itu, cuaca begitu terasa dingin setelah hujan deras baru saja berhenti mengguyur persada Bumi ini, sehingga membuat orang-orang merasa enggan untuk pergi keluar rumah sekedar menikmati dinginnya suasana malam dengan sebilah rokok ditangan atau menikmati hangatnya jagung bakar yang terjual dipinggir jalan, mereka semua lebih memilih tidur dikasur daripada harus keluar rumah karna suasananya begitu adem dan pas untuk tidur pulas, menyambut percikan mimpi yang akan membawa esok pagi.
            Tapi, tidak bagi Tulit, yang masih terjaga dari tidurnya. Meskipun bulan tampak tersipu malu dibalik awan hitam yang menggantung, menutupi sinarnya untuk menerangi malam. Bintang-bintang tak terlihat satupun yang bersinar hanya suara gemuruh pohon yang bersahutan tertiup angin malam.
            Dan Tulit masih terjaga, melamun dan merenung. Entan, apa yang dipikirkannya? Tapi yang pasti Tulit baru saja bicara dengan Ichi. Pacarnya yang begitu jauh dipulau seberang, yang jauh dari pandangan mata. ACEH!

            “Kamu kenapa sich? Gak ngasih kabar, kamu lagi punya masalah ya?” Tanya Tulit diseberang sana.
            “Masalah apa?” Ichi nanya balik dan juga jauh diseberang sana, pembicaraan mereka berdua hanya melalui via telepon.
            “Ya, masalah cowo. Kan ada yang mau ama kamu disana.” Tuduh Tulit.
            “Itu khan biasa aja, kamu juga disana begitu khan?” Ichi pun nuduh balik.
            “Kamu tuch selalu gitu, kalo udah ngomong masalah itu kamu malah nganggap aku ikut ngelakuinnya juga. Eh malam senin lalu aku nelpon kamu, kamu pergi kemana?pergi sama cowo khan? Ngaku aja dech, aku tau kok.” Kali ini tuduhan Tulit beralasan.
            “Kok bisa tau sich? Iya…iya.., aku ngaku. Aku diajakin buka bareng ama temanku.” Jawab Ichi santai tanpa harus bohong segala.
            “Trus, kamu sholat Tarawih juga gak?” Tanya Tulit lagi.
            “Iya gak. Pulangnya aja jam 10.”
            “Lho? Kok sampe pulang jam 10 gitu, padahal cuma ngajak buka aja, pasti diajak keliling kota khan?” tebak Tulit, cemburunya udah mulai bicara.
“Iya tuch orang, ngajakin aku jalan ampe jam gitu tapi aku udah ngomong minta diantar.”
“Lalu kamu nerima?” Tanya Tulit cepat.
            “Nerima apanya?” Ichi bingung.
            “Tu orang pasti ngungkapin perasaannya ama kamu khan? Kamu gak usah  merahasiakannya dech, aku tau kok.”
            “Kok kamu bisa tau sich, main tebak ya?” tanya Ichi heran.
            “Beneran aku tau. Hayooo… jawab kamu apa?”
            “Yah, aku bilang sich, aku pikir-pikir dulu.”
            “Kamu tuch gimana sich, kok gitu sich ama aku. Udah suratku gak pernah dibalesin. Aku sich gak keberatan kamu jarang nelpon aku tapi kalo surat, kamu emang harus balas. Komunikasi kita harus jalan. Jangan sampai putus. Trus, katanya surat kamu udah dikirim, kok gak nyampe-nyampe, belum dibalas ya?”
            “Sudah! Surat kamu udah dibalas, tapi belum aku pos’in, habis aku malas, kantor posnya jauh banget.”
            “Masa gitu aja malas sich, udah jalan ama cowo, udah ikut festival, bela-belain. Tapi cuma ngeposin surat dengan sedikit pengorbanan aja gitu, kamu udah gak sayang lagi ya? Lalu gimana tanggapan kamu soal suratku yang dari dulu-dulu gak pernah kamu balesin. Sebenarnya hubungan kita ini gimana sich?” Tulit mulai terbawa emosi hatinya.
            “Akh, itu nanti aja dibahas.” Jawab Ichi malas.
            “Nanti gimana, kamu tuch selalu gitu, udah hari jadian kita kamu sampe lupa, udah jarang ngasih khabar, kadang aku nelpon Vivi buat nyari khabar kamu.”
            “Ya udah, kamu jadian aja ama Vivi, yang selalu ngasih khabar ama kamu, aku gak bisa ngasih kabar ama kamu, aku gak keberatan, aku gak sebaik dia. No Problem!” sungut Ichi.
            “Lho kok gitu sich, kok jadi marah gitu, Ichi tenang. Sabar donk, bukan itu maksudku. Iya, maaf kalo aku yang salah tapi kamu gak perlu gitu, dia kan adik kamu yang aku anggap sebagai adik angkat aku, gak ada maksud apa-apa kok, trus gimana ama kamu, udah bilang IYA ama cowo yang mau ama kamu?”
            “Kamu bisa tau gitu sich, kamu pergi ke Dukun lalu pake liat-liat segala ya?”
            “Gak! Aku gak kayak gitu, aku emang punya feeling aja, dan aku bisa ngerasakan itu.”
            “Kalo emang kamu bisa, coba siapa-siapa aja yang punya hati ama aku?” Tantang Ichi.
            “Yang  pasti sich, Kakak tingkat kamu dikampus, trus cowo yang dekat ama kost kamu trus temannya teman kamu.”
            “Kamu pasti main tebak khan?” terka Fitri gak percaya.
            “Nggak!”
            “Aku juga bisa kayak kamu, ngeramal orang pake garis tangan.”
            “Ya beda dong ama aku.”
            “Kamu juga disana adakan cewe yang tertarik ama kamu.” Tanya Ichi.
            “Nggak ada!”
            “Bohong! Pasti dong ada cewe yang suka ama kamu.” Ichi gak percaya.
            “Jujur aja, aku paling banyak punya teman cewe dan kebanyakan dari mereka suka curhat ama aku, mereka sich senang temanan ama aku karna aku lucu, itu bilang mereka. Tapi, untuk hal itu mereka gak kepikiran, mereka cuma nganggap aku teman dalam arti yang sebenarnya dan ada juga yang nganggap aku sebagai Kakak angkat mereka.” Jelas Tulit.
            “Pasti ada yang mau ama kamu.” Tuduh Ichi seolah gak percaya.
            “Kamu tuch dibilangin gak ada, ya gak ada! Nah, kamu sendiri berapa cowo yang pengen ama kamu lalu gimana ama aku? Gimana ama hubungan kita?”
            “Yah, kita jalanin aja.” Jawab Ichi santai.
            “Jalanin gimana, aku disini percaya ama kamu, ngejaga rasa sayank ama kamu, sementara kamu? Beginilah sudah kalo cinta dua kota, kalo udah gak ada saling percaya. Aku itu bingung ama kamu, aku tuch gak tau apa sich mau kamu, selama ini aku mencoba untuk mengerti kamu, tapi kamu begitu, trus malam minggu ini ada yang ngapelin kamu gak?” Tulit udah mulai ngungkapin unek-uneknya yang lama terpendam.
            “Ada!”
            “Siapa?”
            “Mas Edi, cuma teman kok!”
            “Coba…coba.. coba bayangkan, aku disini ngalamin yang namanya minggu kelabu, gak kemana-mana, diam dirumah. Sementara kamu?”
            “Namanya juga orang datang bertamu.” Bela Ichi.
            “Kalo datangnya tiap malam minggu?kalo aku gak suka, kamu mau apa? Kamu bilang kalo kamu udah punya pacar? Kamu sendiri ngasih kesempatan gitu. Ingat Ichi, kamu itu udah punya cowo. Jujur aja, aku jadi bingung. Sebenarnya aku ini cowo kamu atau bukan sich? Apa sich arti aku buat kamu? Sekarang aku pengen kepastian kamu, aku pengen jawaban kamu malam ini juga, kamu pengen hubungan kita ini trus berlanjut atau kita berhenti aja?” Ucap Tulit tegas, hatinya galau.
            “Aduh, kok kamu ngomong gitu sich! Ntar aja kenapa sich?” Ichi agak malas ngebahas masalah ini.
            “Gak ada ntar, dari dulu aku udah ngebicarakan ini tapi kamu seolah menghindar dari masalah ini. Kamu gak usah takut, aku gak apa-apa kok. Aku cuma gak mau perasaan aku ama kamu terbuang begitu saja, sementara banyak cowo yang ngungkapin perasaannya ama kamu, aku emang gak bisa hadir bersama kamu untuk nemenin kamu disaat kamu sedih, senang. Aku juga udah berusaha untuk dekat dihati kamu tapi kalo ternyata ada yang lebih memperhatikan kamu disana, yang bisa kamu harap kehadirannya setiap saat bersama kamu sementara aku gak pernah bisa hadir disisi kamu karna jarak yang begitu jauh, aku sadar kok. Kamu ingin aku hadir bersama kamu bukan hanya lewat surat atau telpon. Tapi inilah kekurangan hubungan kita, yang hanya mengandalkan kepercayaan kita yang bisa goyah juga. Maafkan aku. Aku mengalah untuk ini, untuk kebahagiaan kamu juga, tapi kamu gak perlu cemas, aku gak akan membenci kamu, aku akan selalu menyayangimu mungkin bukan arti kekasih lagi tapi seorang Kakak yang bisa kamu butuhkan jika kamu memerlukannya. Sekarang aku pengen tau, kamu pengen hubungan kita yang udah terbina hampir 3 taon ini?” Tanya Tulit, begitu jelas Tulit menumpahkan seluruh kesedihannya yang udah lama terpendam ini ama Ichi, hatinya memang terasa sedih, sangat sedih.
            “Tulit, maaf! Aku gak bisa ngasih jawaban sekarang, aku butuh waktu. Tapi aku janji, habis lebaran aku akan telpon kamu.” Pinta Ichi.
            “Kalo bisa saat ini, kenapa nunggu esok?”
            “Tulit, aku khan juga perlu berpikir, aku janji pasti nelpon kamu habis lebaran.”
            “Ya udah kalo mau kamu gitu.”
            “Maaf ya? Aku emang udah nyakitin kamu, sekali lagi MAAF ya?” mohon Ichi dengan tulus.
            “Iya, sebelum kamu minta maaf, aku udah maafin kamu kok.”

            Dan saat itu, mereka berdua mengakhirinya dengan tersenyum tanpa ninggalin sedikit pun dendam. Meskipun ada yan terluka. Yang pasti, Tulit harus bayar mahal pulsa telpon karna begitu lama bercerita. Cinta memang perlu pengorbanan.

***
            to be continued..... 
still reading cerita tulit ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AddThis

cerita tulit..cerita tulit..cerita tulit..cerita tulit..

Your Ad Here